Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Ni Luh Putu Eka Puspa Dewi .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.10111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, dan keamanan terhadap minat menggunakan E-Banking pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode kuantitatif yang menggunakan teknik kuesioner yang merupakan daftar pertanyaan terstruktur. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi program S1 pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan kriteria yaitu: (1) Mahasiswa yang sudah memiliki ATM/KTM, (2) Responden pernah menggunakan E-Banking, dan (3) Responden telah lulus mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa, variabel persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, dan keamanan mempengaruhi minat menggunakan E-Banking dengan hasil thitung sebesar 2,202, 2,586, dan 4,645 dengan tingkat signifikansi masing-masing sebesar 0,030, 0,011, dan 0,000. Secara simultan variabel persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, dan keamanan mempengaruhi minat menggunakan E-Banking dengan fhitung sebesar 31,061 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.
Kata Kunci : Persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, keamanan, E-Banking.

This study was aimed at finding out the effect of the variable of perception on the use, easiness of use, and security on the interest in using e-banking among the students of Accounting Program of strata 1 of Economic Faculty of Ganesha University of Education. This study used primary data and quantitative method. The data were collected by using questionnaire with a structured list of questions. The population consisted of the students of Accounting Department of Strata 1 Program in the 2016/2017 academic year. The sample was selected based on the following criteria: (1) the students who have ATM/Student Cards, (2) the respondents have ever used E-Banking, and (3) the respondents have passed Bank and Other Financial Organizations Course. The data were analyzed with multiple regression analysis using SPSS of Version 23.0. The results showed that partially it was proven that the variable of perceptions on use, easiness of use, and security have an effect on the interest in using E-Banking with the tobs. = 2.202, 2.286, and 4.645 at the significance levels of 0.030, 0.011, and 0.000 respectively. Simultaneously, the variables of perceptions of use,, easiness of use, and security have an effect on the interest in using E-Banking at fobs. = 31.061 at the significance level of 0.000.
keyword : Perceptions on use, easiness of use, security, E-Banking

Published

2017-05-15

Issue

Section

Articles