PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • Putu Era Sugiartini .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.10134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan sebagai variabel pemoderasi. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha yang saat ini sedang berada di semester 7 (tujuh) yang berjumlah 241 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dan dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sample sebanyak 91 orang. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan menggunakan Moderating Regression Analysis dengan bantuan software SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) kepercayaan diri memperlemah pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan (4) kepercayaan diri memperlemah pengaruh antara minat elajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri.

This research aims at knowing the effect of emotional intelligence and learning interest toward the understanding level of accountancy with self-confidence as moderating variable. The kind of this research is qualitative by using primary data. The technique of collecting the data is by using questionnaire. The populations are the students of bachelor program of accountancy department Ganesha University of Education, who are in the seventh (VII) semester in the amount 241 people. The technique of taking the sample uses non probability sampling by choosing slovin formula so it gets sample as many as 91 people. The analysis data uses the analysis of simple linear regression and uses moderating regression analysis by assistance of SPSS software version 24. The result of this research shows that (1) emotional intelligence has significant positive effect toward the understanding level of accountancy, (2) learning interest has significant positive effect toward the understanding level of accountancy, (3) self-confidence weakens the effect of emotional intelligence toward the understanding level of accountancy, (4) self-confidence weakens the effect of learning interest toward the understanding level of accountancy
keyword : emotional intelligence, learning interest, understanding of accountancy, self-confidence.

Published

2017-05-22

Issue

Section

Articles