PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PROFESIONALISME AKUNTAN PENDIDIK DITINJAU DARI DIMENSI KNOWLEDGE, SKILL DAN CHARACTER (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • Putu Yuni Anggreni .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi mengenai profesionalisme akuntan pendidik ditinjau dari dimensi Knowledge, Skill dan Character. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah berjumlah 72 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Sampling Incidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu, dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan melakukan penyebaran kuesioner.Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 poin. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1)Uji Kualitas Data yang terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, (2)Uji Statistik Deskriptif, (3)Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas dan (4)Pengujian Hipotesis dengan Uji Proporsi. Data analisis dengan menggunakan Software SPSS versi 18. Hasil Uji Proporsi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 85.8% mahasiswa akuntansi menjawas setuju, yang menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi memiliki persepsi sangat positif mengenai profesionalisme yang dimiliki akuntan pendidik.
Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa, Profesionalisme, Knowledge, Skill, Character

This study aimed at determining perceptions of accounting program students on accountant-educators’ professionalism concerning the dimensions of Knowledge, Skill and Character. This study employed a quantitative research. The population of this study was the accounting program students of Universitas Pendidikan Ganesha. The samples obtained in this study were 72 people. The sample selection was conducted through an incidental sampling technique, i.e., a sampling technique which was base on coincidences that anyone who had by chance an encounter with the researcher could be used as a sample, if viewed that the ones encountered ware fit as data sources. The data collection method used was survey method by distributing questionnaires. The scale used in this study was a 5-point Likert scale. The data analysis techniques used were: (1) Data Quality Test consisting of Validity and Reliability Test, (2) Descriptive Statistic Test, (3) Classical Assumption Test, namely, Normality Test and (4) Hypothesis Testing through Proportion Test. The data were analyzed through SPSS software version 18. The proportion of test result in this study indicate that as many as 85.8% of accounting students answered agree, indicating that accounting students have very positive perception of the professionalism which is owned accountant educators.
keyword : Students’ Perception, Professionalism, Knowledge, Skill, Character.

Published

2017-06-14

Issue

Section

Articles