PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU, TANGGUNG JAWAB PROFESI, INTEGRITAS, DAN OBJEKTIVITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Pada Inspektorat di Bali)

Authors

  • Ni Made Nita Widiani .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10748

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh tekanan anggaran waktu, tanggung jawab profesi, integritas, dan objektivitas terhadap kualitas audit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional sampling. Populasi penelitian ini adalah auditor Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bangli, Inspektorat Pemerintah Kabupaten Klungkung, dan Inspektorat Pemerintah Provinsi Bali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib auditor yang ada pada Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bangli, Inspektorat Pemerintah Kabupaten Klungkung, dan Inspektorat Pemerintah Provinsi Bali yang berjumlah 42 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial tekanan anggaran waktu berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan tanggung jawab profesi, integritas, dan objektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit.
Kata Kunci : tekanan anggaran waktu, tanggung jawab profesi, integritas, objektivitas, kualitas audit.

The purpose of this study was to empirically prove the effect of pressure of time budget, professional responsibility, integrity, and objectivity on audit quality. This research was a quantitative research using primary data obtained from the questionnaires and measured by using Likert scale. The sample selection method in this study was proportional sampling. The population of this study were the inspectorate auditors of the governments of Bangli Regency, Klungkung Regency, and Bali Province. The samples used in this study were the mandatory auditors on the inspectorate of the Governments of Bangli Regency, Klungkung Regency, and Bali Province which amounted to 42 people. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis using SPSS 24.0 for Windows. The result of this study showed that partially the pressure of time budget had a negative and significant effect on audit quality, while professional responsibility, integrity, and objectivity had a positive and significant effect on audit quality.
keyword : pressure of time budget, professional responsibility, integrity, objectivity, audit quality.

Published

2017-07-18

Issue

Section

Articles