Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pengalaman Kerja, dan Profesionalisme Auditor Intern pada Perusahaan Daerah Air Minum di Kabupaten Buleleng

Authors

  • Fitra Safitri .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pengalaman kerja dan frofesionalisme auditor internal terhadap efektivitas pengendalian intern pada PDAM di Kabupaten Buleleng baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PDAM di Kabupaten Buleleng yang berjumlah 225 orang sedangkan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 50 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kusioner yang di ukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kompetensi sumber daya manusia mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengendalian intern pada PDAM di Kabupaten Buleleng. (2) Pengalaman kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengendalian intern pada PDAM di Kabupaten Buleleng. (3) profesionalisme auditor internal mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengendalian intern pasa PDAM di Kabupaten Buleleng. (4) Secara simultan pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pengalaman kerja, dan profesionalisme auditor internal berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengendalian intern pada PDAM di Kabupaten Buleleng.
Kata Kunci : Kompetensi SDM, Pengalaman Kerja, Profesionalisme Auditor Internal, Pengenfalian Intern

This study aims to determine the effect of human resource competencies, work experience and frofesionalisme internal auditors on the effectiveness of internal controls on taps in Buleleng either partially or simultaneously. The population in this study were employees of PDAM in Buleleng totaling 225 people, while the samples used as many as 50 people, using purposive sampling technique. Sources of data in this study are primary data with the data collection methods used were interviews and a questionnaire that measured using Likert scale. The analysis technique used in this research is multiple regression analysis, t test and F. The results showed that (1) Competence of human resources has a positive and significant impact on the effectiveness of internal controls on taps in Buleleng. (2) Work experience has a positive and significant impact on the effectiveness of internal controls on taps in Buleleng. (3) the professionalism of internal auditors has positive and significant impact on the effectiveness of internal control pasa taps in Buleleng. (4) In the simultaneous effect of human resource competencies, work experience, and professionalism of internal auditors significantly influence the effectiveness of internal controls on taps in Buleleng.
keyword : Human resources Competence, Work Experience, professionalism Internal Auditor, Internal controls

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles