PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PENGAWASAN TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN BERKONSEP VALUE FOR MONEY PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Ketut Novi Sudewi .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11596

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh akuntabilitas, transparansi, komitmen organisasi, dan pengawasan terhadap pengelolaan anggaran berkonsep value for money. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Buleleng yang terdiri dari 14 Dinas. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Buleleng yang berkaitan dengan bagian pengelolaan anggaran yang berjumlah 112 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial akuntabilitas, transparansi, komitmen organisasi, dan pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan anggaran berkonsep value for money.
Kata Kunci : akuntabilitas, transparansi, komitmen organisasi, pengawasan, pengelolaan anggaran, value for money.

The purpose of this study is to prove empirically the effect of accountability, transparency, organizational commitment, and supervision toward budget management with value for money concept. This research is a quantitative research using primary data obtained from the questionnaires and measured by using Likert scale. The population of this study are the staff of the regional work unit (SKPD) of Buleleng Regency consisting of 14 departments. The sample selection method in this study is purposive sampling. The sample used in this research is the officials of the regional work unit (SKPD) of Buleleng Regency related to the budget management section as many as 112 people. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 24.0 for Windows. The result of this study shows partially that accountability, transparency, organizational commitment, and supervision have a positive and significant effect toward budget management with value for money concept.
keyword : accountability, transparency, organizational commitment, supervision, budget management, value for money.

Published

2017-07-28

Issue

Section

Articles