OPTIMALISASI PARTISIPASI MASYARAKAT DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PENYUSUNAN APBDES (STUDI PADA DESA PITRA, KECAMATAN PENEBEL, KABUPATEN TABANAN)

Authors

  • Kadek Veby Priandani .
  • Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E., .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M.P .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.12380

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana Proses Penyusunan APBdes di Desa Pitra, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan; dan (2) upaya dalam mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan BPD dalam penyusunan APBdes di Desa Pitra, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen yang selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Prosedur perencanaan yang terdapat dalam Pemendagri No. 113 tahun 2014 sudah di terapkan di dalam perencanaan desa pitra; (2) Perencanaan pembangunan di desa pitra masih belum maksimal dikarenakan partisipasi masyarakat yang masih rendah; (3) Faktor penyebab rendahnya partisipasi masyarakat yakni pekerjaan masyarakat yang berdampak pada tingkat kehadiran masyarakat pada saat dilangsungkannya musyawarah awal rendah, kurangnya keaktifan masyarakat dalam memberikan sumbangan pemikiran atau ide-ide dalam bentuk masukan dan saran, serta kurangnya kemampuan masyarakat dalam mengenali dan memecahkan segala permasalahan yang ada didalam wilayah desa; (4) Rendahnya partisipasi masyarakat ini berdampak pada perubahan RAB Pembangunan desa yang sebelumnya sudah disusun berdasarkan APBDes; dan (5) Untuk mencapai perencanaan yang terorganisir diperlukan upaya optimalisasiyaitu memberikan alokasi dana agar BPD dapat melakukan musyawarah dengan lebih intens untuk menyerap aspirasi masyarakat, melaksanakan sosialisasi langsung kemasyarakat mengenai perubahan paradigma yang terjadi,mengajak masyarakat terjun langsung kelapangan untuk melakukan perencanaan lebih mendetail mengenai pembangunan yang akan dilaksanakan.
Kata Kunci : Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), optimalisasi, partisipasi masyarakat

This research was conducted to know (1) How the process of preparation of APBdes Village in Penebel Subdistrict, Pitra, Tabanan Regency; and (2) efforts in optimizing community participation and BPD in the preparation of APBdes Village in Penebel Subdistrict, Pitra, Tabanan Regency. The methods used in the writing of this research is qualitative, descriptive methods. Types of data used in this research is the primary data and secondary data. The data obtained through in-depth interviews, observation and study of documents which further analyzed with the reduction of data, data presentation, data analysis and withdrawal of the conclusion. The research results showed that (1) the planning Procedures contained in Pemendagri No. 113 2014 already applied in the planning of the village of pitra; (2) development planning in the village of pitra still not optimally because public participation which is still low; (3) Factors causes low level of community participation i.e. presence of society at the time of their initial deliberations, the lack of liveliness in the community contributed a thought or ideas in the form of feedback and suggestions, as well as a lack of capability in identifying community and solve all the existing problems in the area of the village; (4) the low level of participation of these communities have an impact on the change of the previous Village Development WED already arranged by APBDes; (5) to achieve an organized planning efforts necessary optimalisasiyaitu give the allocation so that BPD can conduct deliberations with more intense to absorb the aspirations of the public, implement the socialization of society directly on changes paradigms happened, urge people work directly contributes to conduct more detailed planning on the development to be implemented.
keyword : community participation, Income and Budget Shopping Village (APBDes), optimization

Published

2017-10-27

Issue

Section

Articles