Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Organisasi Kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Yowana Brahma Vidya Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Gusti Ayu Komang Manik Purnami .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M.P .
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi, S.S.T .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13176

Abstract

Organisasi mahasiswa adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler. Organisasi mahasiswa beranggotakan mahasiswa dimana organisasi tersebut bernaung. Organisasi mahasiswa memiliki program-program kerja yang dilaksanakan selama 1 (satu) tahun kepengurusan. Dana yang diperoleh oleh organisasi mahasiswa ini berasal dari pihak internal dan eksernal universitas.organisasi mahasiswa ini merupakan organisasi yang dari, oleh dan untuk mahasiswa, sehingga pengelolaan organisasinya termasuk pengelolaan keuangan dilakukan oleh mahasiswa itu sendiri. Latar belakang inilah yang yang menjadikan organisasi mahasiswa menjadi menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan keuangan organisasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori yang telah ditentukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan keuangan organisasi mahasiswa sudah dikatakan akuntabel karena informasi keuangan sesuai dengan kebutuhan pengguna laporan keuangan dan melibatkan seluruh anggota.
Kata Kunci : organisasi mahasiswa, akuntabilitas, pengelolaan keuangan

Student' organization is the one whose members from all students in order to accommodate their aptitude, interest, and their potential which has intra as well as extracurricular activities. This organization has its' own program to be worked out during one year working session. This program will certainly need sufficient funding. All the funding of the organization is collected from the members, such as the students' internal university, apart comes from external university. Since the organization was established and developed by and for the sake of students themselves involving the fund management. This background made this case interesting to be observed. The study aims to find out the accountability of the fund management of students' organization. The study utilized a qualitative method, while the data were collected by using intensive interview, observation as well as documentation study. The analysis then conducted by using three phases steps, such as data reduction, data presentation, and drawing conclusion based on the justified theory or concept.
keyword : students' organization, accountability, fund management

Published

2018-02-07

Issue

Section

Articles