PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA, KEGIATAN KEMAHASISWAAN DAN RELIGIOSITY TERHADAP PENALARAN MORAL PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Undiksha)

Authors

  • Luh Ella Fajar Kulawangsa .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M.P .
  • Made Arie Wahyuni, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan etika, kegiatan kemahasiswaan, dan religiosity terhadap penalaran moralpada pengambilan keputusan akuntansi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert.Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif jurusan Akuntansi Program S1 Undiksha yang berjumlah 1437 mahasiswa. Metode penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang merupakan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun kriteria yang dijadikan sampel, diantaranya: mahasiswa akuntansi yang telah mengambil mata kuliah etika bisnis, mahasiswa yang mengikuti kegiataan kemahasiswaan, mahasiswa beragama hindu, dan mahasiswa yang berminat menjadi seorang akuntan. Berdasarkan kriteria tersebut, maka jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel pendidikan etika (X1), variabel kegiatan kemahasiswaan (X2), variabel religiosity (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penalaran moral pada pengambilan keputusan akuntansi.
Kata Kunci : Penalaran Moral, Pendidikan Etika, Kegiatan Kemahasiswaan, Religiosity.

This study aimed at determining the effect of variable ethics education, student activity, and religiosity to moral reasoning on accounting decision making. The research method used was quantitative with primary data obtained from the questionnaire and measured by using Likert scale. This research was conducted at Undergraduate Program of Accounting Department of Undiksha. The population in this study were all active students of Undergraduate Program of Accounting Department of Undiksha amounting to 1437 students. Sampling method was done by purposive sampling, a technique with a certain consideration. The criteria taken as sample included: students of accounting department who have taken the course of business ethics, students who followed the activities of student affair, Hindu students, and students who were interested in becoming an accountant. Based on these criteria, then the number of samples were obtained as many as 100 people. The data of this study were collected by using questionnaires which were then processed by using multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 17. The results of this study indicated that the variable ethics education (X1) , variable student activity (X2), variable religiosity (X3) had a positive and significant effect to moral reasoning on accounting decision making.
keyword : Moral Reasoning, Ethics Education, Student Affair Activity, Religiosity.

Published

2018-02-13

Issue

Section

Articles