Pengaruh Pengetahuan Sistem Automatic Exchange of Information (AEOI) dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar dan Melaporkan Pajak (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Singaraja)

Authors

  • Luh Dian Andiani .
  • Gede Adi Yuniarta, S.E.Ak, M.Si. .
  • I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan penerapan Automatic Exchange of Information (AEOI) dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam membayar dan melaporkan pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada KPP Pratama Singaraja, Kabupaten Buleleng. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Singaraja yang berjumlah 76.499 WPOP. Berdasarkan populasi tersebut dengan menggunakan rumus slovin jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan beberapa uji statistik, yaitu: uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik,analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel pengetahuan penerapan AEOI (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam membayar dan melaporkan pajak, variabel sanksi perpajakan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam membayar dan melaporkan pajak.
Kata Kunci : Pengetahuan sistem AEOI, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak

This study aimed at determining the effect of the application knowledge of Automatic Exchange of Information (AEOI) and tax sanctions on individual taxpayers’ compliance in paying and reporting taxes. The research method used was quantitative research method with the primary data collected from a questionnaire measured through Likert scale. This research was conducted at KPP Pratama Singaraja, Buleleng Regency. The population of this research was all personal taxpayers registered at KPP Pratama Singaraja amounting 76,499 WPOP. Based on the population and by employing the slovin formula, the number of samples in this study was 100 respondents. The data of this study were collected through questionnaires which were then processed using several statistical tests, namely: descriptive statistical test, data quality test, classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis test. The results of this study indicated that the knowledge of the implementation of AEOI (X1) had a positive and significant effect on the individual taxpayer’s compliance in paying and reporting tax, taxation sanction’s variable (X2) had a positive and significant effect on individual taxpayer’s compliance in paying and reporting tax.
keyword : Knowledge of AEOI system, tax sanction, taxpayer compliance

Published

2018-02-13

Issue

Section

Articles