PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEAMANAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP PENGGUNAAN E-BANKING PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Adi Prasetya Oktabriantono .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M.P .
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi, S.S.T .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan, dan persepsi risiko terhadap penggunaan E-banking pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha 2017/2018 yang masih aktif sebanyak 2.739 orang (data bulan Agustus 2017). Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan perhitungan rumus slovin. Uji instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu diadakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji t dengan menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kebermanfaatan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan E-banking, variabel persepsi kemudahan penggunaan (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan E-banking, variabel keamanan (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan E-banking, dan variabel persepsi risiko (X4) berpengaruh negatif signifikan terhadap penggunaan E-banking.
Kata Kunci : kebermanfaatan, kemudahan, keamanan, risiko, dan E-banking

The study aimed at finding out the effect of usefulness, easily to use, safety, and risk perceptions on the application of e-banking for the students of S1 Program Faculty of Economics Ganesha University of Education. The study utilized a quantitative method involving primary data collected by using questionnaires. Th population consisted of 2793 (data of August 2017) active students of S1 Program Faculty of Economics Ganesha University of Education in 2017-2018. The samples were about 100 respondents selected based on Slovan formula. The instrument testing was conducted in terms of validity and reliability testing. Classic assumption testing was also conducted involving normality, multicolinierity, and heteroskedasticity before the analysis. The analysis was made by using multiple linear regression, determination coefficient, and t-test supposrted by SPSS software version 23.0 The results of the study indicated that usefulness variable (X1) had a significant positive effect on the application of E-banking , easily to use (X2) variable had a significant positive effect on the application of E-banking , safety (X3) variable had a significant positive effect on the application of E-banking, and risk perceptions (X4) variable had a significant positive effect on the application of E-banking.
keyword : usefulness, easy to use, safety, risk, and E-banking.

Published

2018-02-19

Issue

Section

Articles