PENGARUH RELIGIUSITAS DAN SPIRITUALITAS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha Dan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja)

Authors

  • Made Vonny Herlyana .
  • Dr. Edy Sujana, S.E., M.Si.Ak. .
  • Made Aristia Prayudi, S.A., M.Sc., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dengan kecurangan akademik mahasiswa serta pengaruh spiritualitas dengan kecurangan akademik mahasiswa yang dilakukan di Universitas Pendidikan Ganesha dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari data kuesioner dan diukur dengan sekala likert. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis independent sample t-test dan analisi linier berganda dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh religiusitas dengan kecurangan akademik mahasiswa serta pengaruh spiritualitas dengan kecurangan akademik mahasiswa yang dilakukan di Universitas Pendidikan Ganesha dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja serta religiusitas dan spiritualitas memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa.
Kata Kunci : religiusitas, spiritualitas, kecurangan akademik mahasiswa

This study aimed the effect of religiosity on student academic frauds and spirituality on student academic frauds of Universitas Pendidikan Ganesha dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja. The type of research was a quantitative study using primary data obtained from questionnaire data and measured through Likert scale. The population of this research was the students of Universitas Pendidikan Ganesha and Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja. The method used to determine the sample was purposive sampling method with the number of respondents as many as 100 students. The data analysis techniques were conducted through independent sample t-test and multiple linear analyses with the assistance of SPSS 20.0 for windows. The results of this study indicated that individual religiosity and spirituality had a negative and significant effect on student academic fraud and there was a effect of religiosity on student academic fraud and there was effect spirituality on student academic fraud of Universitas Pendidikan Ganesha and Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja.
keyword : religiosity, spirituality, student academic frauds.

Published

2018-02-20

Issue

Section

Articles