PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PENGAWASAN, DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN BERKONSEP VALUE FOR MONEY PADA PENYELENGGARA PEMERINTAHAN DESA (Studi Empiris pada Pemerintah Desa di Kecamatan Seririt)

Authors

  • PUTU INDAH LESTARI .
  • Nyoman Trisna Herawati, S.E.Ak., M.Pd. .
  • Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel komitmen organisasi, pengawasan, dan ketepatan waktu terhadap pengelolaan anggaran berkonsep value for money pada Pemerintah Desa di Kecamatan Seririt. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian kausal. Penelitian ini dilakukan pada Pemerintah Desa di Kecamatan Seririt. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada pemerintah desa di Kecamatan Seririt yang terdiri dari 21 desa. Metode penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yakni teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) variabel komitmen organisasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan anggaran berkonsep value for money. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,032, (2) variabel pengawasan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan anggaran berkonsep value for money. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,030, dan (3) variabel ketepatan waktu (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan anggaran berkonsep value for money. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,046.
Kata Kunci : Komitmen organisasi, pengawasan, ketepatan waktu, pengelolaan anggaran, value for money

Abstract This study aimed at examining the impact of the variables of organizational commitment, supervision and puncuality on the budget management with the concept of value for money of the village government in Seririt district. The framework adopted in this study was causal research design. This study was conducted to the village government in Seririt district. The population of this study covered the employees working for the village goverment of 21 villages in Seririt district. Purposive sampling method, which was a sampling technique taking into account certain considerations, was applied to determine the samples. The data were collected using questionnaires and analyzed using double linear regression analysis test assisted by SPSS version 17 for windows. The results of the analysis showed that (1) the variable of organizational commitment (X1) had positive and significant impact on financial management with the concept of value for money. This could be seen from the significance value of 0,032, which was smaller than 0,05, (2) the variable of supervision (X2) had positive and significant impact on financial management with the concept of value for money. This could be seen from the significance value of 0,030, which was smaller than 0,05, and (3) the variable of punctuality (X3) had positiive and significant impact on financial management with the concept of value for money. This could be seen from the significance value of 0,046, which was smaller than 0,05.
keyword : organizational commitment, supervision, punctuality, budget management, value for money

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles