PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, BUDAYA ETIS ORGANISASI, DAN KESESUAIAN KOMPENSASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN (FRAUD) AKUNTANSI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KABUPATEN JEMBRANA

Authors

  • Ni Made Dwitia Martini Dewi .
  • Gede Adi Yuniarta, S.E.Ak, M.Si. .
  • Made Arie Wahyuni, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal, budaya etis organisasi, dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) akuntansi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Jembrana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KSP di Kabupaten Jembrana yaitu sebanyak 32 KSP. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengendalian internal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) akuntansi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Jembrana, (2) budaya etis organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) akuntansi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Jembrana, dan (3) kesesuaian kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) akuntansi pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Jembrana.
Kata Kunci : Budaya, Kecurangan, Kompensasi, Pengendalian Internal.

This study aimed at investigating the impact of internal control, culture of organizational ethic and appropriateness of compensation on the tendency of accounting fraud on Saving and Loan Cooperatives in Jembrana regency. The population in this study were all 32 Saving and Loan Cooperatives in Jembrana regency. The method applied in this study was quantitative method with primary data collected from questionnaires data measured using the Likert scale. The data were analyzed by applying double linear regression analysis assisted by SPSS 24 program for windows.The results of the analysis showed that (1) internal control had negative and significant impact on the tendency of accounting fraud at Saving and Loan Cooperatives in Jembrana regency, (2) culture of organizational ethic had negative and insignificant impact on the tendency of accounting fraud at Saving and Loan Cooperatives in Jembrana regency,(3) appropriateness of compensation had positive and insignificant impact on the tendency of accounting fraud at Saving and Loan Cooperatives in Jembrana regency.
keyword : culture, fraud, compensation, internal control

Published

2018-05-23

Issue

Section

Articles