EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM ELEKTRONIK DAN PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SINGARAJA, BALI)

Authors

  • Fathimah Jawas .
  • I Putu Gede Diatmika,SE.AK., M.Si. .
  • I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penerapan sistem elektronik dan pelayanan perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja, dan (2) untuk mengetahui kaitan penerapan sistem elektronik dan pelayanan perpajakan terhadap tingkat penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja, Jalan Udayana No. 10, Singaraja, Bali. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan sistem elektronik (online) pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja masih belum efektif jika ditinjau dari segi kemudahan penggunaan. Penyebab utamanya adalah kurangnya penguasaan teknologi para Wajib Pajak. (2) Penerapan sistem online pajak pada KPP Pratama Singaraja tetap berpengaruh dalam pengoptimalan penerimaan pajak KPP Pratama Singaraja namun tidak terlalu signifikan. Penerapan sistem online pajak memiliki peran sebagai media untuk mempermudah penyedia layanan pajak untuk lebih cepat menentukan strategi-strategi guna memaksimalkan penerimaan pajak.
Kata Kunci : efektivitas, sistem online pajak, penerimaan pajak

This research aimed at (1) knowing the effectiveness of electronic system implementation and taxation service at Pratama Singaraja tax office, and (2) knowing the relation between electronic system application and tax service on tax revenue rate at Pratama Singaraja tax office. The location of the research was conducted at Pratama Singaraja tax office, Jalan Udayana No. 10, Singaraja, Bali. The type of data used in this study was qualitative data. The data source used in this research was primary data and secondary data. This study employed three techniques of data collection, that is, observation, interview and documentation. The results of this study indicated that (1) the application of tax electronic system (online) at Pratama Singaraja tax office was still not effective if viewed from the aspect of the ease of use. The main cause was the taxpayers’ lack of mastery on technology. (2) The implementation of the online tax system on KPP Pratama Singaraja remained influential in optimizing the tax revenue in KPP Pratama Singaraja but not too significant. The implementation of the online tax system had a role as a medium to facilitate tax service providers to more quickly determine strategies to maximize tax revenue.
keyword : effectiveness, online tax system, tax revenue

Published

2018-06-21

Issue

Section

Articles