PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, BEA BALIK NAMA, SANKSI PERPAJAKAN DAN AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT WILAYAH KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Septiani Ria Yunita .
  • Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. .
  • I Putu Gede Diatmika,SE.AK., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14386

Abstract

Pajak merupakan alat bagi pemerintah dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan penerimaan baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung untuk membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan nasional dan ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, bea balik nama, sanksi perpajakan dan akuntabilitas pelayanan publik pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di kantor samsat wilayah Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah 100, sedangkan sampel dalam penelitian sejumlah 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menununjukkan bahwa variabel kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, bea balik nama, sanksi perpajakan dan akuntabilitas pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.
Kata Kunci : Kata Kunci : kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, bea balik nama, saknsi perpajakan, akuntabilitas pelayanan publik dan kepatuhan wajib pajak

Tax is a medium for the government in achieving a goal of obtaining both direct and indirect income to fund routine expenses as well as national development and community economy development. The purpose of this study was to analyze the effect of taxpayer awareness, tax knowledge, fee of vehicle title transfer, tax sanction, and public service accountability on the compliance of motor vehicle taxpayer on the vehicle fee office (Samsat) in Banyuwangi Regency. The method used in this research was descriptive-quantitative research method. The population in this study were all motor vehicle taxpayers in Banyuwangi Regency amounting to 100, while the sample in the study were 100. Data collection technique used questionnaire. Method of data analysis used multiple linear regression. The results of this study indicated that the variables of taxpayer awareness, tax knowledge, vehicle title transfer fee, tax sanction, and public service accountability partially had a positive and significant effect on vehicle taxpayer compliance.
keyword : Keywords: taxpayer awareness, tax knowledge,fee of vehicle title transfer , tax sanction, public service accountability, and taxpayer compliance

Published

2018-06-28

Issue

Section

Articles