Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi dan Ukuran Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM (Studi Empiris pada UMKM di Kecamatan Buleleng)

Authors

  • Putu Emy Susma Devi .
  • Nyoman Trisna Herawati, S.E.Ak., M.Pd. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M.P .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang terdaftar di Kecamatan Buleleng pada tahun 2016 sejumlah 275 UMKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 60 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,048, (2) pemahaman akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,043, dan (3) ukuran usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,042.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Ukuran Usaha, Kualitas Laporan Keuangan

The study was conducted in Buleleng regency in order to the effect of variables level of education, accountancy understanding, and the size of business on the quality of financial report of UMKM. It was designed based on quantitative design involving the population of about 275 UMKMs listed in Buleleng regency during the period of 2016 from which 60 respondents were selected as the samples based on purposive sampling technique. The data were collected by using questionnaires, and then analysed by using multiple linear regression supported by SPSS version 17 for windows. The results of the study indicated that (1) level of education had a positive and significant effect on the quality of financial report of UMKM, (2) accountancy understanding had a positive and significant effect on the quality of financial report of UMKM, and (3) the size of business had a positive and significant effect on the quality of financial report of UMKM. It was indicated by the significant score lower than 0.05, that was about 0.042.
keyword : level of education, accountancy understanding, size of business, quality of financial report

Published

2018-07-11

Issue

Section

Articles