ANALISIS PENCATATAN DAN PELAPORAN UNSUR-UNSUR SOSIAL DAN LINGKUNGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT INDOHAMAFISH DI DESA PENGAMBENGAN, KECAMATAN NEGARA, KABUPATEN JEMBRANA)

Authors

  • Putu Yudi Gunawan .
  • Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. .
  • I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pencatatan dan pelaporan unsusr-unsur sosial dan lingkungan dalam pelaporan keuangan PT Indohamafish. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan pengolahan ikan yang berlokasi di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana yaitu PT Indohamafish. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder, dimana data primer yang digunakan adalah hasil wawancara yang dilakukan terhadap narasumber, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa data perhitungan, penilaian, serta alokasi biaya pengolahan limbah pada laporan keuangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT Indohamafish telah mengeluarkan sejumlah biaya untuk membiayai kegiatan pengolahan limbah dan CSR walau perusahaan tidak melakukan pencatatan terhadap biaya tersebut secara terperinci
Kata Kunci : Biaya Lingkungan, CSR, Pencatatan, Pelaporan

This study aimed at knowing the system of recording and reporting of social and environmental elements in financial statement of PT Indohamafish. This research was conducted at one of the fish processing companies located in Pengambengan Village, Negara Subdistrict, Jembrana Regency. That was PT Indohamafish. The types of data used in this research were primer and secondary data, in which the primary data used was the result of interview to the informants, meanwhile the secondary data was in form of calculation, assessment, and allocation of waste processing cost on the financial statement. The data collection method was done by interview, observation, and documentation. The research result showed that PT Indohamafish had spent amounts of cost to finance waste processing activities and CSR although the company did not record the cost in detail.
keyword : Cost, Environment, CSR, Recording, Reporting

Published

2018-07-11

Issue

Section

Articles