PENGARUH KESESUAIAN KOMPENSASI, PENGENDALIAN INTERNAL, DAN PERILAKU TIDAK ETIS TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN (FRAUD) (STUDI KASUS PADA PERSEPSI PEGAWAI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) SE-KECAMATAN BULELENG)

Authors

  • Ida Bagus Komang Suarcaya .
  • Made Aristia Prayudi, S.A., M.Sc., Ak. .
  • Nyoman Trisna Herawati, S.E.Ak., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14598

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesesuaian kompensasi, pengendalian internal, dan perilaku tidak etis terhadap kecenderungan kecurangan (fraud). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam Se-Kecamatan Buleleng yang berjumlah 32. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengumpulan sampel untuk tujuan tertentu saja. Teknik purposive sampling digunakan dengan pertimbangan penelitian memilih anggota sampel yang sekiranya dapat memberikan prospek yang baik bagi perolehan data yang akurat untuk tujuan tertentu. Berdasarkan teknik purposive sampling, maka diperoleh 8 koperasi yang memenuhi kriteria dengan total responden berjumlah 69. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian kompensasi dan pengendalian internal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan (fraud) pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Se-Kecamatan Buleleng. Sedangkan perilaku tidak etis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan (fraud).
Kata Kunci : kesesuaian kompensasi, pengendalian internal, perilaku tidak etis, dan kecenderungan kecurangan (fraud)

The purpose of this research was to know the effect of compensation appropriateness, internal control, and unethical behavior on fraud trends. This research employed a quantitative design using the data obtained from questionnaire and measured through Likert scale. The population of this study was savings and loans cooperatives in Buleleng Subdistrict, which were amounted to 32. The sampling technique used in this study was purposive sampling. Purposive sampling is a technique of collecting samples for a particular purpose only. The purposive sampling technique was used with the research consideration of selecting samples which could provide a good prospect of data collection for a particular purpose. Based on the purposive sampling technique, hence obtained 8 cooperatives that fulfilled the criteria with the total respondents of 69. The data analysis technique used was multiple linear regression test. The data were analyzed through SPSS version 16.0 software. The result of the research showed that the compensation appropriateness and internal control had a negative and significant effect on the fraud trends in savings and loans cooperatives (KSP) in Buleleng Subdistrict. Whereas, unethical behavior had a positive and significant effect on the fraud trends.
keyword : compensation appropriateness, internal control, unethical behavior, and fraud trends

Published

2018-07-13

Issue

Section

Articles