Pengaruh Tingkat Pendidikan Pengelola Keuangan, Pengendalian Intern Akuntansi, Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Empiris Pada SMA/SMK Negeri Di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Kadek Sutrisna .
  • Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. .
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi, S.S.T .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan pengelola keuangan, pengendalian intern akuntansi, penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas terhadap efektivitas pengelolaan keuangan sekolah pada SMA/SMK Negeri di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan rancangan dekskriptif kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah pengelola keuangan sekolah yang terdiri atas kepala sekolah, kepala tata usaha, bendahara BOS, dan bendahara APBD pada SMA/SMK Negeri di Kabupaten Buleleng yang berjumlah 30 sekolah. Metode penarikan sampel dilakukan dengan teknik Slovin dengan tingkat kelonggaran ketidaktelitian yang digunakan adalah 10%.Kemudian dilakukan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka sampel yang digunakan sebagai responden dalam penelitian ini sebanyak 92 orang dari seluruh jumlah populasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer.Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden yang sudah ditetapkan sebagai sampel.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat pendidikan pengelola keuangan, pengendalian intern akuntansi, penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas berpangaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap efektivitas pengelolaan keuangan sekolah pada SMA/SMK Negeri di Kabupaten Buleleng.
Kata Kunci : tingkat pendidikan, pengendalian intern akuntansi, transparansi, akuntabilitas, efektivitas pengelolaan keuangan.

The study was conducted in order to find out the effect of financial management level of education, accounting internal control, the implementation of transparency principles, and accountability on the school financial management effectiveness at SMA/SMK Negeri in Buleleng regency. It utilized a descriptive quantitative design involving the population of 30 schools financial managements consisted of the school headmasters, head of school administrators, treasurers of school operational board, as well as treasurers of Regional Expenditure Budget at the SMA/SMK Negeri in Buleleng. The samples were selected based on simple random sampling technique from only 10% out of them then to get 92 respondents. The data were obtained from primary sources by using questionnaires. The data then were analysed by using multiple regression techniques supported by SPSS version 17. The results of the study indicated that the financial management level of education, accounting internal control, the implementation of transparency principles, and accountability partially had a positive and significant effect on the school financial management effectiveness at SMA/SMK Negeri in Buleleng regency.
keyword : level of education, accounting internal control, transparency, and accountability, financial management effectiveness

Published

2018-07-13

Issue

Section

Articles