ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PINJAMAN KREDIT DAN SIKLUS PENGELUARAN KAS PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA PAKRAMAN PENENG, KECAMATAN BATURITI, TABANAN

Authors

  • I Made Adi Ariawan .
  • Gede Adi Yuniarta, S.E.Ak, M.Si. .
  • Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi (SIA) pada siklus pinjaman kredit dan pengeluaran kas dilihat dari indikator integrasi data dan indikator keamanan data pada LPD Desa Pakraman Peneng, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengawas internal dan pengurus LPD. Sedangkan data sekunder dari buku maupun referensi dari penelitian terdahulu. Selanjutnya data dikumpulkan dan melakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa SIA siklus pinjaman kredit dan pengeluaran kas dilihat dari indikator integritas data dan indikator keamanan data sudah diterapkan sesuai PSAK yang berlaku. Penerapan SIA sudah mencangkup sub indikator dan data yang disimpan terjamin keamanannya karena adanya sistem password dan adanya anti virus.
Kata Kunci : SIA, siklus kredit pinjaman, siklus pengeluaran kas

This study aims to determine the application of accounting information system (SIA) in the credit loan cycle and cash outlay seen from data integration indicators and data security indicators on LPD Pakraman Peneng Village, District Baturiti, Tabanan regency. This research uses qualitative research type using primary data and secondary data. Primary data were obtained from internal supervisors and LPD management. While the secondary data from the book or reference from previous research. Further data is collected and performs data analysis by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study explain that the SIA cycle of credit loans and cash outlays seen from data integrity indicators and data security indicators have been applied in accordance with the applicable PSAK. Implementation of SIA already covers sub indicators and data stored secured because of the existence of the password system and the presence of anti-virus.
keyword : SIA, loan credit cycle, cash disbursement cycle

Published

2018-07-17

Issue

Section

Articles