PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PENGAWASAN INTERN TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN “GOOD GOVERNANCE” (Studi Empiris pada Dinas Pendidikan, Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Ni Luh Kadek Mari Ani .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan pengawasan intern terhadap kinerja instansi pemerintah daerah dalam mewujudkan “good governance”. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komperatif.Sampel dalam penelitian ini adalah pejabat dan karyawan yang sudah memenuhi kriteria dalam penelitian tersebut. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket atau kuisioner dan studi dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi pearson moment, dan regresi linear berganda. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas (X1) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah dalam mewujudkan “good governance” yang dapat ditunjukkan oleh nilai sig 0,730, Transparansi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah dalam mewujudkan “good governance” yang dapat ditunjukkan oleh nilai sig 0,015, Pengawasan intern (X3) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah dalam mewujudkan “good governance” yang dapat ditunjukkan oleh nilai sig 0,679, dan Akuntanbilitas, Transparansi, dan Pengawasan intern secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan “good governance”, yang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,001a. Dengan demikian peningkatan kinerja Instansi Pemerintah Daerah yaitu pada Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng lebih cenderung dipengaruhi oleh prinsip transparansi dibandingkan dengan akuntabilitas dan pengawasan intern.
Kata Kunci : Akuntabilitas, Kinerja, Pengawasan Intern, dan Transparansi

This study aims to determine the effect of accountability, transparency, and internal control of the performance of local government agencies in realizing the "good governance". This research is a comparative causal. In this study, the population of officials and employees who are working in Buleleng District Education Office. and that the sample in this study were officials and employees who have met the criteria in this study. Where the sampling technique in this study using purposive sampling method. Data was collected by questionnaire andstudy documentation. The analytical tool used in this research is Pearson moment correlation, and multiple regression. In the study showed that: 1) Accountability (X1) has no significant effect on the performance of government agencies in realizing the "good governance", which can be shown by the sig 0.730. 2) Transparency (X2) has a significant influence on the performance of government agencies in realizing the "good governance", which can be shown by the sig 0.015; 3) Internal Control (X3) have no significant effect on the performance of government agencies in achieving "good governance ", which can be shown by the sig 0.679; Akuntanbilitas, Transparency, and internal supervision jointly have a significant impact on Local Government Performance in achieving" good governance ", which is indicated by a value of 0.001a sig. Thus the increase in performance, namely Local Government Agencies at the Department of Education Buleleng more likely to be influenced by the principles of transparency as compared accountability and internal control.
keyword : Accountability, Internal Control, Performance, and Transparency.

Published

2014-02-27

Issue

Section

Articles