PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL,INTEGRITAS, KOMPETENSI SERTA KONSERVATISME TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada 3 Kantor Inspektorat Di Bali)

Authors

  • Putu Yuni Juliani .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v4i1.6653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan formal, integritas, kompetensi, serta konservatisme terhadap kualitas audit secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan di 3 kantor Inspektorat di Bali yaitu kantor Inspektorat Provinsi Bali, Kabupaten Buleleng dan kota Denpasar, dimana jumlah responden yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 responden. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pendidikan formal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas audit; (2) integritas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas audit; (3) kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas audit; (4) konservatisme berpengaruh secara positif dan signifikan; (5) secara simultan tingkat pendidikan formal, integritas, kompetensi, dan konservatisme berpengaruh secara positif dan signifikan.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Formal, Integritas, Kompetensi, Konservatisme.

This study was aimed at finding out the effect of level of formal education, integrity, competence, and conservatism on audit quality partially and simultaneously. This study was conducted in 3 offices of inspectorates in Bali, i.e, Bali Province Inspectorate, Buleleng Regency Inspectorate and Denpasar City Inspectorate offices with a sample of 33 respondents. The data were determined using purposive sampling. The data belonged to primary and secondary data types. The data were collected by questionnaire. The data were then analyzed using multiple linear regression analysis by using SPSS version 19 program. The result showed that (1) level of formal education had a positive and significant effect on audit quality; (2) integrity had a positive and significant effect on audit quality; (3) competence had a positive and significant effect on audit quality; (4) conservativism had a positive and significant effect on audit quality and (5) simultaneously level of formal education, integrity, competence and conservativism had positive and significant effect.
keyword : level of formal education, integrity, competence and conservativism

Published

2016-03-02

Issue

Section

Articles