PENGARUH EFEKTIFITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN MORALITAS INDIVIDU TERHADAP FRAUD DENGAN TRI HITA KARANA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empris pada Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Klungkung)

Authors

  • Komang Satria Dharma Yuda .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v5i2.7773

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh efektifitas sistem pengendalian internal dan moralitas individu terhadap fraud dengan Tri Hita Karana sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil bagian keuangan/akuntansi pada SKPD di Kabupaten Klungkung dengan jumlah responden 82 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial efektifitas sistem pengendalian internal dan moralitas individu berpengaruh negatif dan signifikan terhadap fraud dan Tri Hita Karana memoderasi pengaruh efektifitas pengendalian internal dan moralitas individu terhadap fraud.
Kata Kunci : : efektifitas sistem pengendalian internal, moralitas individu, Tri Hita Karana, dan fraud

This research aimed to obtain empirical evidence about the effect of effectiveness of the internal control system and individual morality on the fraud with Tri Hita Karana as moderating variables. This study was a quantitative research using primary data obtained from questionnaire and measured with likert scale. The sample ware selected by using purposive sampling technique. Eighty two civil servants section finance/accounting in SKPD Klungkung district were selected as the sample. The data were analyzed by using moderate regression analysis supported by SPSS version 17. The results showed that partially there was negative and significant effect of effectiveness of the internal control system and individual morality on the fraud and Tri Hita Karana moderate the influence of effectiveness of the internal control system and individual morality against fraud.
keyword : effectiveness of the internal control system, individual morality, Tri Hita Karana, and fraud.

Published

2016-07-22

Issue

Section

Articles