Analisis Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Organisasi Sektor Publik Dengan Akuntabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Ni Made Ayu Resa Mulyani .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9425

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi pelayanan publik dan kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja organisasi sektor publik dengan akuntabilitas sebagai variabel moderasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng yang berjumlah 80 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dimana sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 60 orang karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng.Teknik analisis kuantitatif yang digunakan adalah teknik regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial: (1) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi pelayanan publik terhadap kinerja organisasi sektor publik, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja organisasi sektor publik, dan (3) akuntabilitas sebagai variabel moderating memoderasi hubungan motivasi pelayanan publik dan kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja organisasi sektor publik, dan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi pelayanan publik dan kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja organisasi sektor publik.
Kata Kunci : motivasi pelayanan publik, kualitas sistem informasi akuntansi, kinerja organisasi sektor publik, dan akuntabilitas

This study was conducted to find out the effect of public service motivation and the quality of accounting information system on the performance of public sector organization with accountability as moderating variable at the Health Department of Buleleng Regency. The population of this study were the 80 staff of the Health Department of Buleleng Regency. The technique of collecting data applied was purposive sampling technique in which 60 staff of the Health Department of Buleleng Regency were selected as samples. The quantitative analysis technique applied was multiple regression analysis technique. The results of the analysis showed that partially: (1) there was no positive and significant effect of public service motivation on the performance of public sector organization, (2) there was positive and significant effect of the quality of accounting information system on the performance of public sector organization, (3) accountability as moderating variable moderated the relationship between public service motivation and the quality of accounting information system with the performance of public sector organization, and simultaneously there was significant effect of public service motivation and the quality of accounting information system on the performance of public sector organization.
keyword : public service motivation, quality of accounting information system, performance of public sector organization, accountability

Published

2017-02-21

Issue

Section

Articles