Analisis Posedur Pencairan Anggaran Dan Pengelolaan Anggaran Sebagai Upaya Mengurangi Kesenjangan Anggaran

Authors

  • Ni Made Sari .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memahami proses pencairan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jembrana, untuk menggambarkan bagaimana pengelolaan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jembrana serta untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan pencairan anggaran kegiatan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jembrana yang dapat menimbulkan adanya kesenjangan anggaran. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Metode Kualitatif yaitu mengolah data dengan lebih banyak mengumpulkan data dan menguraikannya secara menyeluruh dan sesuai dengan permasalahan yang sedang diteliti, sehingga akan diperoleh suatu hasil dari pengolahan data yang disebut hasil penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa prosedur pencairan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jembrana diawali dengan PPTK mengajukan permohonan amprah beserta kelengkapan ke Sub Bagian Kuangan dilengkapi dengan surat permohonan pengajuan amprah. Sistem pengelolaan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum harus sesuai dengan DPA (Dokumen Pelaksana Anggaran) karena dalam DPA sudah tercantum rincian seluruh anggaran yang ingin dicairkan, jika tidak sesuai dengan DPA maka SPJ harus diubah. Serta faktor yang menyebabkan keterlambatan pencairan anggaran yaitu kesalahan pada SPJ seperti adanya data ganda dalam SPJ. Namun demikian Dinas Pekerjaan Umum tetap melakukan upaya semaksimal mungkin untuk menghindari keterlambatan pencairan anggaran.
Kata Kunci : pengelolaan anggaran

The study aimed at understanding the disbursement process, figuring out the management process of budgeting as well as to understand any affecting factors to hamper the process of disbursement at the Public Works in Jembrana Regional Office which could generate the budget gap. The study utilized a qualitative design involving both primary and secondary data, analysing and collecting as well as describing them comprehensively according to the research problems in order to generate the appropriate results. The results of the study concluded that the procedure of disbursement process at the Public Works in Jembrana Regional Office started from submitting the request of disbursement with appropriate supplementary application documents to the financial subsection. The budget management system at the Public Works in Jembrana Regional Office should be appropriate with the budget implementation document, since in this document all detailed budget to be disbursed were presented. When it was found inappropriate the letter of accountability should be modified. Factor affecting the problem of disbursement was the errors occurred in writing the accountability letters and report, like double data found. However, the Public Works in Jembrana Regional Office remained trying maximum efforts to avoid any delay in budget disbursement.
keyword : budget management

Published

2017-02-22

Issue

Section

Articles