Pengaruh Sosialisasi SAK ETAP, Tingkat Pendidikan Pemilik, dan Persepsi Pelaku UKM terhadap Penggunaan SAK ETAP Pada UKM di Kecamatan Buleleng

Authors

  • Ni Ayu Putu Uma Dewi .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi SAK ETAP, tingkat pendidikan pemilik, dan persepsi pelaku UKM terhadap penggunaan SAK ETAP pada UKM di Kecamatan Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Yang mana responden dalam penelitian ini adalah 85 pemilik UKM di Kecamatan Buleleng. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan secara parsial sosialisasi SAK ETAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SAK ETAP, tingkat pendidikan pemilik berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SAK ETAP, persepsi pelaku UKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SAK ETAP. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa sosialisasi SAK ETAP, tingkat pendidikan pemilik, dan persepsi pelaku UKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SAK ETAP.
Kata Kunci : SAK ETAP, Sosialisasi, Tingkat Pendidikan Pemilik, Persepsi

This study was aimed at finding out the effect of SAK ETAP socialization, owner’s educational level, and perception of actors of small and middle sized businesses on the use of SAK ETAP in small and middle sized businesses in Buleleng regency. The respondents in this study were 85 small and middle sized businesses in Buleleng regency. The study used convenience sampling technique for collecting the data and the data were analyzed by using multiple linear regression analysis. The results showed that partially, SAK ETAP socialization has a positive and significant effect on the use of SAK ETAP, owner’s educational level has a positive and and significant effect on the use of SAK ETAP, perception of actors of small and middle sized businesses have a positive and significant effect on the use of SAK ETAP, and simultaneously, SAK ETAP socialization, owner’s educational level , perception of actors of small and middle sized businesses have a positive and significant effect on the use of SAK ETAP.
keyword : SAK ETAP, Socialization, Owner’s Educational Level, Perception.

Published

2017-02-22

Issue

Section

Articles