*Mengulas kontribusi laba LPD dalam menunjang dana pembangunan desa dan dana sosial berlandaskan Tri Hita Karana di LPD Desa Adat Jimbaran

Authors

  • Ni Luh Nik Parelawati .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui implementasi kontribusi laba dari LPD untuk dana pembangunan desa dan dana sosial di Desa Adat Jimbaran serta Untuk mengetahui implementasi Tri Hita Karana dalam penyaluran dana pembangunan desa dan dana sosial di Desa Adat Jimbaran Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif, yang menggunakan studi Etnografi dan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Data primer yaitu dengan cara teknik trianggulasi dan (2) Data sekunder yaitu dengan melakukan studi kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dana pembangunan desa yang diberikan kepada desa adat dan memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada Bendesa Adat, kemudian Bendesa Adat menyerahkan ke masing masing banjar. Realisasi dari dana sosial tersebut sudah dicatat dalam laporan dana sosial yang terdapat pada laporan tahunan LPD dan di Bendesa Adat Jimbaran juga telah membuat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dengan dana tersebut. Dalam kegiatan tersebut terjadi hubungan antara manusia dengan tuhan, manusia dan lingkungan.
Kata Kunci : Dana Pembangunan Desa, Dana Sosial, Tri Hita Karana

This study aimed at finding out the implemetation of the contribution of the fund from Rural Credit Union (hereinafter reffered to as LPD) for rural developmental fund and social fund at Jimbaran traditional village and finding out the implementation of Tri Hita Karana in the distribution of the rural developmental fund and social fund at Jimbaran traditional village. The research method applied in this study was qualitative research method which used enthnographic study and descriptive analysis method with qualitative approach. The types of data used were: (1) primary data, collected by applying triangulation technique, and (2) secondary data, collected by applying library research. The results of the study showed that the rural developmental fund was given to the traditional village and the responsibility was entirely on the hand of the head of the traditional village. Afterwards, the head of traditional village distributed the fund to every banjar (the smallest community unit in a village in Bali). The realisation of that social fund had been recorded in the social fund report in the LPD yearly report. The head of traditional village had organized programs supported by that fund. In those programs, there was relationship between humans with others, humans with the environment and humans with God.
keyword : Rural Developmental Fund, Social Fund, Tri Hita Karana

Published

2017-02-22

Issue

Section

Articles