PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEMAUAN WAJIB PAJAK DALAM MENGIKUTI PROGRAM TAX AMNESTY (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Singaraja)

Authors

  • Ayu Tut Sukma Trisnasari .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9489

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan pengetahuan perpajakan terhadap kemauan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Singaraja yang berada di wilayah Kecamatan Buleleng dalam mengikuti program Tax Amnesty. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan wajib pajak orang pribadi yang berada di wilayah Kecamatan Buleleng. Penentuan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Model regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Kesadaran wajib pajak berpengaruh secara positif terhadap kemauan wajib pajak dalam mengikuti program Tax Amnesty, (2). Sosialisasi perpajakan berpengaruh secara positif terhadap kemauan wajib pajak dalam mengikuti program Tax Amnesty, (3). Pengetahuan perpajakan berpengaruh secara positif terhadap kemauan wajib pajak dalam mengikuti program Tax Amnesty.
Kata Kunci : Tax Amnesty, Kesadaran wajib pajak, Sosialisasi, Pengetahuan perpajakan.

This study was aimed at analyze the effect of tax payers’ awareness, tax socialization and knowledge about tax on the willingness of tax payers to join tax amnesty program of the individual personal tax payers who are registered in KPP Pratama Singaraja which is located in Buleleng district jurisdiction in joining Tax Amnesty program. This study was a causal quantitative research that used primary data obtained through questionnaire distribution to 100 respondents who are individual personal tax payers who live in the jurisdiction of Buleleng district. The sample was drawn by using Proportionate Stratified Random Sampling. Multiple Regression Model was used to test the relation between the independent variables and the dependent variable. The results showed that (1) the tax payers’ awareness has a positive effect on the willingness of tax payers to join Tax Amnesty Program, (2) tax socialization has a positive effect on tax payers to join Tax Amnesty Program and (3) Knowledge about tax has a positive effect on tax payers to join Tax Amnesty Program.
keyword : Tax Amnesty, Tax payers’ awareness, Tax socialization, Knowledge about tax.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Articles