PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Authors

  • Ajeng Ricky Ramadhani .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.9543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penjelasan yang teruji tentang besarnya pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Pemilihan sampel pada penelitian ini dengan metode purposive sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dan tahunan perusahaan manufaktur tahun 2013-2015. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 44 perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data dalam penelitian ini telah memenuhi syarat uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Kepemiikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating, (4) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating.
Kata Kunci : CSR, manajerial, nilai perusahaan, profitabilitas.

This study was aimed at obtaining a explanation that has been put to the test about the extent of effect of corporate social responsibility (CSR) and managerial ownership on manufacturing firms registered in Indonesia Stock Exchange in 2013- 2015 period. This was a causal quantitative research. The sample was selected using purposive sampling, in which the sample consisted of financial and annual reports of the manufacturing firms in 2013-2015 period. The sample sized used was 44 firms. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis. The data have met the conditions of classical assumption. The classical conditions used were normality test, multi-collinearity test, auto correction test, and heterocedastisity test. The results showed that (1) CSR has a positive and significant effect on firm value, (2) managerial ownership has a positive and significant effect on firm value, (3) CSR has a positive and significant effect on firm value with profitability as moderating variable, (4) managerial ownership has a positive and significant effect on firm value with profitability as moderating variable.
keyword : CSR, managerial, firm value, profitability.

Published

2017-02-27

Issue

Section

Articles