Study Komparatif Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Learning Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • Made Novta Kusumadiputra Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Aditra Pradnyana Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament dan Learning Tournament pada hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas XI SMA N 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, (2) hasil belajar yang lebih baik antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dan Learning Tournament pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas XI SMA N 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, (3) penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dan Learning Tournament terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI  SMA N 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, (4) respon siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016 terhadap pembelajaran mata pelajaran TIK menggunakan model pembelajaran Teams Gamesh Tournament dan model pembelajaran Learning Tournament

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Desain yang digunakan adalah “Posttest-Only Nonequivalent Control Grup Design”. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sawan. Sampel ditentukan melalui teknik random sampling dengan mengundi kelas-kelas yang setara, sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen 1, kelas X1 IPS 2 sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Tujuannya untuk mengukur ranah kognitif, ranah psikomotor menggunakan rubrik penilaian tes psikomotor. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova satu jalur, dan uji pasangan t-scheffe. Motivasi dan Respon siswa menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembeajaran Team Games Turnament terhadap hasi belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Tournament  maupun yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Motivasi dan Respon siswa pada model pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi daripada model pembelajaran Learning Tournament.. Ini berarti, model pembelajaran Team Games Tournament lebih disenangi oleh siswa.

Downloads

Published

2017-03-14

How to Cite

Kusumadiputra, M. N., Agustini, K., & Pradnyana, G. A. (2017). Study Komparatif Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Learning Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9924

Issue

Section

Articles