KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF DUNIA PENDIDIKAN KEDOKTERAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SEBAGAI BAHAN REFLEKSI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Authors

  • Made Kurnia Widiastuti Giri

Abstract

Abstrak

 

Perubahan kurikulum bukan merupakan sebab utama penurunan maupun peningkatan mutu pendidikan. Kompleksitas faktor yang berperan dalam pendidikan menyebabkan kurikulum menyumbangkan andil yang besar dalam pelaksanaan pendidikan bersinergi dengan faktor lain. Kurikulum 2013 memberikan warna baru dalam pendidikan dengan menegaskan pentingnya proses belajar yang tidak lagi menetitikberatkan pada hasil belajar kognitif semata. Implementasi dari kurikulum 2013 adalah melalui pendekatan scientific dengan menekankan pada penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari peserta didik. Kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif dalam pembelajaran memiliki peran penting dalam metode pembelajaran dengan pebdekatan scientific. Guru sebagai fasilitator juga dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif sehingga merubah paradigma terdahulu dimana pemaparan guru sebagai ceramah yang meniadakan keaktifan dari siswa untuk menalarkan ilmu dalam fenomena yang akan dihadapi secara nyata. Dunia pendidikan ilmu kedokteran telah menerapkan pendekatan scientific dan sebagai produknya adalah tenaga dokter yang mampu mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis mereka dalam menangani masalah kesehatan pasiennya. Ilmu kedokteran dasar dipadukan dengan ilmu kedokteran klinis bersinergi dalam blok dalam kurikulum yang menyajikan kasus dan memberikan kesempatan peserta didik berpikir kritis melalui pendekatan scientific seperti yang dapat diimplementasikan dalam dimensi pedagogik modern dari kurikulum 2013 pada siswa.

Downloads

Published

2013-12-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA