PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING YANG DISAMPAIKAN SECARA BLENDED LEARNING PADA PERKULIAHAN CHEMICAL BONDING

Authors

  • I Made Kirna

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan partisipasi mahasiswa, (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (4) mendekripsikan persepsi mahasiswa terhadap penerapan strategi problem posing yang disampaikan secara blended learning pada perkuliahan Chemical Bonding. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia sebanyak 32 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Data penelitian terdiri atas partisipasi mahasiswa dalam kegiatan online dan tatap muka, hasil belajar, dan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan diskusi online dan tatap muka sangat tinggi, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siklus 1 dan siklus 2, namun hasil belajar termasuk baik pada siklus 2; dan (3) mahasiswa memberikan respons yang positif terhadap penerapan pembelajaran ini.

Downloads

Published

2013-12-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA