INOVASI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PURWAKARTA DALAM MENGEMBANGKAN LAYANAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL SAAT PANDEMI COVID-19

Rizka Nurul Izzah, Sukaesih Sukaesih, Evi Nursanti Rukmana, Encang Saefudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan program yang dipelopori oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta untuk mengembangkan layanan berbasis inklusi sosial saat pandemi Covid-19, meliputi latar belakang, teknis pelaksanaan, kendala, dan solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskirptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta sebagai perpustakaan yang memanfaatkan teknologi dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan ke seluruh lapisan masyarakat, dengan dibuatnya website perpustakaan dan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta juga sukses memberdayakan masyarakat disekitarnya melalui lima program perpustakaan unggulan (Lipperpul). Kesuksesan tersebut diperoleh karena sosialisasi program dilakukan dengan efektif, tujuan program didasari oleh kebutuhan masyarakat, dan pelaksanaan program yang melibatkan masyarakat. Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta juga merangkul komunitas-komunitas di Kabupaten Purwakata sebagai mitra dalam pelaksanaan program berbasis inklusi sosial ini. Program berbasis inklusi sosial ini juga sebagai bentuk nyata atas kepedulian Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta untuk masyarakat yang saat ini mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Selain memenuhi tujuan dari lembaga perpustakaan, penyelenggaraan program seperti ini juga dapat mengubah stigma kurang baik dari masyarakat terhadap dunia kepustakwanan. Di masa mendatang, diharapkan semakin banyak perpustakaan yang termotivasi untuk menciptakan berbagai program inovatif sebagai kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa.

 


Keywords


Covid-19; Perpustakaan; Layanan Perpustakaan; Teknologi; Inklusi Sosial.

References


Batubara, A. K. (2009). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan. 03(01), 9–17.

Diskominfo Kabupaten Purwakarta. (2020). Perpusda Purwakarta jadi contoh dalam meningkatkan kemampuan masyarakat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat. https://jabarprov.go.id/index.php/news/39804/2020/10/23/Perpusda-Purwakarta-Jadi-Contoh-Perpustakaan-dalam-Meningkatkan-Kemampuan-Masyarakat

Hadi, A. C. S. (2014). Menyoal hakekat keberadaan perpustakaan dan pustakawan dalam masyarakat serta apresiasi terhadapnya: Kenyataan masa lalu dan harapan masa depan. Jurnal Media Pustakawan, 21.

Harianto, D., & Subagio, H. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja- Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–8.

Hartini, S. (2012). Peran inovasi: Pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14, 82–88.

Hasan, M. F. (n.d.). Mekanisme pengelolaan program marginal fishing community development pilot (MFCDP). National Management Consultant.

Khairunisa. (2020). Strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam upaya mewujudkan masyarakat literasi. UIN Thaha Saifuddin Jambi.

Lasi, & Setiawan, E. (2012). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Referensi melalui E-mail di Perpustakaan Universitas Surabaya. Jurnal Perpustakaan, 21(December 2010), 1–9.

Putra, H. S. A. P. (2018). Perpustakaan sebagai medium moral budaya. Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 9–34.

Restanti, A. S. (2015). Tantangan dan strategi untuk mengembangkan citra positif perpustakaan. Record and LIbrary Journal, 1, 94–104.

Risal. (2018). Penerapan Pasal 3 Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang fungsi perpustakaan di Perpustakaan Umum Kota Makasar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Sejarah perpustakaan Purwakarta. (2020). Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Purwakarta. https://jabarprov.go.id/perpustakaan-daerah-kabupaten-purwakarta/

Sukaesih, & Winoto, Y. (2019). Dasar-dasar Pelayanan Perpustakaan (Y. Winoto (Ed.)). CV. Intishar Publishing.

Suprayekti, & Anggraeni, S. D. (2017). Pelaksanaan program workshop “belajar efektif” untuk orang tua. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12.

Susanti, D. A. (2019). Implementasi konsep inklusi sosial di perguruan tinggi: sebuah wacana. Media Pustakawan, 26.

Wince, E. (2017). Kajian Pentingnya Stock Opname Dalam Pengembangan Koleksi Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1, 80–87.

World Health Organization. (2020). Coronavirus. World Health Organization. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ap.v8i1.30154

Article Metrics

Abstract view : 769 times
PDF (Bahasa Indonesia) file view : 624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Acarya Pustaka indexed by:

Crossref




Creative Commons License
Acarya Pustaka is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.