PEMANFAATAN PELAYANAN PERPUSTKAAN DIGITAL KEMENDIKBUD UNTUK KEBUTUHAN INFORMASI PENGGUNA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Tasya Rahmadini Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.23887/ap.v8i1.30153

Abstract

Abstract

Everyone who comes from a variety of backgrounds has different information needs. The information that the user wants is the latest information. So that users take advantage of library services that have information with high quality and credibility. The existence of the COVID-19 pandemic period made users unable to come directly to the library to receive the services provided. Therefore, users need a digital library. Digital library is a library service system that uses technology in these services. With the digital library, users can access these services anywhere and anytime because digital libraries are not regulated by time and space. Accessing digital libraries can be done very easily and does not require effort and time to utilize. An example of such a digital library is the Kemendikbud digital library. The library has services such as information services, bibliographic services, reference services, lending, and OPAC (Open Public Access Catalog) which can be utilized by users. The Kemendikbud digital library has a web and application version. The application that is owned by the library is called Eperpusdikbud. This application provides information services, OPAC, and collection lending in various formats and in this application, there are many categories that can be selected by the user. Services provided in the Kemendikbud digital library web contain information services and OPAC. Reference services are carried out by contacting the WhatsApp contact of the Ministry of Education and Culture's digital library for general reference services and foreign journal references through the Ministry of Education and Culture's digital library email. The existence of a digital library service helps users in tracing information during the COVID-19 pandemic. The method used in this article is a descriptive qualitative method.


Keywords: Library; digital; services; needs; information


Abstrak

Setiap individu yang berasal dari latar belakang yang beragam memiliki kebutuhan informasi yang beragam. Informasi yang diinginkan oleh pengguna merupakan informasi terbaru. Sehingga pengguna memanfaatkan layanan perpustakaan yang memiliki informasi dengan kualitas dan kredibilitas yang tinggi. Adanya masa pandemi COVID-19 ini membuat pengguna tidak bisa datang langsung ke perpustakaan untuk menerima layanan yang disediakan. Oleh karena itu, pengguna membutuhkan perpustakaan digital. Perpustakaan digital merupakan sistem layanan perpustakaan yang menggunakan teknologi di dalam layanan tersebut. Dengan adanya perpustakaan digital, pengguna dapat mengakses layanan tersebut dimanapun dan kapanpun karena Perpustakaan digital tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Mengakses perpustakaan digital dapat dilakukan sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga dan waktu untuk memanfaatkan. Contoh perpustakaan digital tersebut adalah perpustakaan digital Kemendikbud. Perpustakaan tersebut memiliki layanan seperti layanan informasi, layanan bibliografi, layanan referensi, peminjaman, dan OPAC (Open Public Access Catalog) yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Perpustakaan digital Kemendikbud memiliki versi web dan aplikasi. Aplikasi yang dimiliki oleh perpustakaan tersebut dinamakan EPerpusdikbud. Aplikasi tersebut memberikan layanan informasi, OPAC, dan peminjaman koleksi dengan berbagai format dan dalam aplikasi tersebut terdapat banyak kategori yang dapat dipilih oleh pengguna. Layanan yang disediakan di dalam web perpustakaan digital Kemendikbud berisikan  layanan informasi dan OPAC. Untuk layanan referensi dapat dilakukan dengan menghubungi kontak WhatsApp Perpustakaan digital Kemendikbud untuk layanan referensi umum dan referensi jurnal luar negeri dilakukan melalui email perpustakaan digital Kemendikbud. Adanya layanan perpustakaan digital membantu pengguna dalam penelusuran informasi pada masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif.


Kata Kunci: Perpustakaan; digital; layanan; kebutuhan;informasi


Published

2021-06-05

Issue

Section

Articles