OPTIMALISASI SISTEM OTOMASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PENELUSURAN KOLEKSI BUKU BAGI PENGGUNA DI PERPUSTAKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Ni Gusti Ayu Ketut Retty Retno Wulan Universitas Pendidikan Ganesha
  • IDA BAGUS GEDE PURWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/ap.v8i1.30965

Keywords:

sistem otomasi, layanan perpustakaan, koleksi buku

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya sistem otomasi perpustakaan di Universitas Pendidikan Ganesha yang bermuara pada keluhan pengguna perpustakaan. Tujuan penelitian yaitu, meningkatkan kepuasan dan kemudahan pengguna dalam penelusuran koleksi buku, serta menguji keakuratan data penelusuran koleksi buku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan diagnostik dengan operasionalisasi dalam 2 siklus. Penggalian data dengan instrumen angket. Analisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: kepuasan pengguna layanan penelusuran koleksi buku meningkat 86,36%, kemudahan penelusuran meningkat 93,18%, keakuratan data meningkat 88,64%.

Author Biography

Ni Gusti Ayu Ketut Retty Retno Wulan, Universitas Pendidikan Ganesha

PERPUSTAKAAN BAGIAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA, GOLONGAN IVa, PUSTAKAWAN MADYA

References

Awali, J., Laksono, A. D., Ismail, I., Triana, Y., & Syaifuddin, A. (2020). Implementasi Repair Grove Ban Layak Pakai dan Pengembangan Produktifitas Sumber Daya Manusia untuk Masyarakat Karang Joang. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1).

Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, Sulistyo. 1992. Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurhayati S. 1988. Pengelolaan Perpustakaan Jilid 2. Jakarta :Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Retno, Yuli, R., Dharma, O. 2008. Kondisi Tertib Administrasi di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha, Permasalahan, dan Alternatif Pemecahannya. Hasil Penelitian DIPA yang tidak diterbitkan pada UPT Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha.

Romi Satria Wahono. 1998. Digital Library: Chalenges and Roles Toward 21 st Century, Proceedingsof Tekno’98 Symposium, Nagaoka, Japan, 1998.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Tindakan. Surabaya: Penerbit SIC.

Sugiarto. 1987. Dasar-dasar Pengelolaan Data Elektronik. Yogyakarta: BPFE.

Published

2021-06-05

Issue

Section

Articles