KURIKULUM PENGAJARAN PERPUSTAKAAN MENYONGSONG LAYANAN PERPUSTAKAAN DI ERA DISRUPSI

hery wihardika griadhi

Abstract


Abstrak

Era disrupsi merupakan suatu era yang terjadi ketika suatu inovasi baru merangsak masuk ke dalam kehidupan masyarakat yang  menciptakan efek disrupsi yang cukup kuat sehingga mengubah struktur atau sistem yang sebelumnya sudah ada. Era disrupsi berdampak cukup sitematis  pada penyelenggaraan layanan perpustakaan sehingga sebagai insan yang bergelut dengan perpustakaan harus dapat menyiapkan strategi dalam menghadapi atau mengantisipasi kebutuhan penggna pada era ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menghadapi era disrupsi, yaitu :  memanfaatkan teknologi,  tidak cepat merasa puas,  “Customer Oriented”,  selalu berinovasi, tidak  menyalahkan regulasi  dan. meningkatkan kompetensi.   

Dalam menghadapi era disrupsi mahasiswa selain memiliki kompetensi inti, juga diharapkan memiliki kompetensi tambahan berupa semangat kemandirian  dan keterampilan memanfaatkan teknologi serta  memiliki kemampuan berorganisasi, berkomunikasi dan  memiliki kemampuan dalam menyebarkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki,. Lulusan diharapkan mempunyai wawasan ke depan, dan tanggap terhadap perubahan global serta mampu membangun jejaring kerja sama dengan berbagai pihak dalam mengelola perpustakaan Adapun strategi yang dapat dilakukan adalah dengan cara meningkatkan relevansi bahan ajar secara berkala dengan pemutakhiran, penyesuaian atau revisi kurikulum, khususnya dalam pengembangan silabus dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan). Hal ini ditujukan untuk meningkatkan  keterkaitan dengan dunia kerja pada  era disrupsi ini.

Kata Kunci: Kurikulum perpustakaan  pada era disrupsi

 




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ap.v7i2.27519

Article Metrics

Abstract view : 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Acarya Pustaka indexed by:

Crossref




Creative Commons License
Acarya Pustaka is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.