Pengembangan Aplikasi Sistem Penyuntingan Bibliografi Deskriptif Bahan Pustaka Berbasis Prototyping Model di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Gusti Ayu Ketut Retty Retno Wulan, Ida Bagus Gede Purwa

Abstract


Penyuntingan bibliografi deskriptif bahan pustaka di perpustakaan pusat Universitas Pendidikan Ganesha saat ini masih menggunakan sistem manual, dimana kelemahan dari sistem ini adalah kurang efisiensi dan efektivitas. Selain itu juga rawan terjadinya salah tulis karena harus mengikuti acuan-acuan dalam penyuntingan bibliografi yang memerlukan pemahaman yang cukup rumit. Sehingga sampai saat ini Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha belum mempunyai bibliografi yang berfungsi sebagai E-literature sekunder. Ide membuat aplikasi sistem software penyuntingan bibliografi deskriptif bahan pustaka adalah untuk lebih memudahkan pustakawan dalam mempromosi bahan pustaka secara online secara cepat dan akurat. Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) mendeskripsikan proses kerja sistem penyuntingan bibliografi deskriptif bahan pustaka; (2) menilai efektivitas sistem penyuntingan bibliografi deskriptif bahan pustaka; dan (3) menilai kualitas sistem penyuntingan bibliografi deskriptif bahan pustaka berbasis prototyping model. Target atau sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah tersusunnya satu aplikasi yang memudahkan bagi pustakawan dalam mengelola bibliografi deskriptif bahan pustaka dan bagi pemustaka dalam mengetahui bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Undiksha. Desain rancangan yang digunakan dalam penyusunan aplikasi ini adalah rancangan Prototype Model, yaitu pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Pengembangan dimulai dari studi masalah dan berlanjut dengan analisis konteks, penyusunan konsep, penyusunan desain, penyusunan rancangan, validasi konsep, uji rancangan, dan penyerahan software aplikasi. Penilaian hasil penelitian menggunakan format instrumen kinerja dan kualitas aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tampilan aplikasi sangat sederhana dan mudah dipahami karena berupa menu dan ikon, ada fasilitas search bila pengunjung memerlukan data khusus yang diinginkan, (2) kinerja aplikasi dinilai “baik”, dan (3) kualitas aplikasi ini dinilai “baik”, sehingga layak untuk diterapkan.

Keywords


Sistem Penyuntingan Bibliografi Deskriptif; Prototyping ModeL.

References


• Bibliografi nasional Indonesia = Indonesian national bibliography. Jakarta, Perpustakaan Nasional RI, 1963-

• Budi Sutejo Dharma Oetomo, 2002. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi Offset.

• Depdiknas, 2004. Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Perpustakaan. Jakarta.

• http://libraryconer.org/2010/10/12/ otomasi perpustakaan/diunduh tang-gal 04 Pebruari 2012.

• http://penelitiantindakankelas.blogspot.co.id/2013/01/penilaian-afektif.html diunduh tanggal 23 April 2018

• Lasa, HS. 2001. Istilah Perpustakaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

• Siti Nurhayati, Arfah Elly. 2016. Terbitan Bibliografi sebagai alat bantu Penelusuran Informasi di Perpusta-kaan Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Jurnal Pari”, Vol. 2, No. 2 Desember 2016.

• Sudiantara, I G. K. 2004. Sistem Informasi IKIP Negeri Singaraja Berbasis Web. Laporan Penelitian IKIP Negeri Singaraja.

• Suni Triani, Sri Susanti. 2001. Petunjuk Penyusunan Bibliografi. Seri Pengembangan Perpustakaan Pertanian No. 23. Bogor: Departemen Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ap.v7i2.29108

Article Metrics

Abstract view : 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Acarya Pustaka indexed by:

Crossref




Creative Commons License
Acarya Pustaka is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.