KAJIAN MODEL-MODEL PENILAIAN KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran model-model penilaian kinerja guruuntuk dapat dirumuskan satu model yang efektif
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis sumber-sumber pustaka
terkait dengan penilaian kinerja guru. Dilihat dari analisis datanya penelitian ini menggunakan dua
analisis utama yaitu analisis meta untuk mengkaji hasil-hasil penelitian serta analisis isi untuk
mengkaji pustaka-pustaka terkait dengan penilaian kinerja guru. Penelitian ini dilakukan terhadap
hasil-hasil penelitian, buku-buku pustaka, dokumen-dokumen maupun informasi-informasi yang
terdapat dalam internet. Data yang terkumpul dalam penelittian ini dianalisis secara kualitatif dengan
memperhatikan tujuan penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pada dasarnya terdapat persamaan kriteria yang
digunakan berbagai institusi dalam penilaian kinerja. Kriteria-kriteria tersebut meliputi aspek
pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, manajemen kelas, lingkungan belajar dan asesmen),
komunikasi dan pengembangan profesionalisme, (b) Dilihat dari cara penialian kinerja, pada
dasarnya hampir semua negara menggunakan paduan dari berbagai metode seperti pengamatan,
dokumentasi maupun isian dan test, (c) Pemaknaan terhadap hasil penilaian kinerja guru (scoring)
juga menunjukkan variasi yang beragam, namun demikian apabila dicermati pada dasarnya semua
negara menggunakan empat kriteria yang meliputi kategori: istimewa, tinggi, butuh pengembangan
dan tidak memuaskan(tidak lulus).
Kata kunci: penilaian, model, kinerja guru