Pendidikan Berkelanjutan Dalam Bidang Vokasional

Agus Dudung

Abstract


Implikasi kebijakan pendidikan berkelanjutan dalam bidang vokasi, perlu disikapi secara
kelembagaan yang profesional dan memposisikan pada jalur dan tingkatan kebijakan
secara tepat. LPTK-PTK dalam hal ini mempunyai peluang dan mampu berperan serta
dengan memberikan konstribusi dalam implememntasi kebijakan pendidikan berkelanjutan dalam
bidang vokasi. LPTK-PTK, dipacu untuk melaksanakan pengembangan kapasitas kelembagaan secara
komprehensif dan totalitas sebagai wujud pencitraan, guna memperoleh kepercayaan pihak sasaran.
Agar pendidikan kejuruan berhasil dalam perannya diperlukan pendekatan yang sistematik dengan
lembaga-lembaga terkait, Oleh karena itu, pendidikan kejuruan seyogyanya beroreantasi kepada: 1)
perubahan struktur pekerjaan di lapangan, 2) meningkatkan kemampuan untuk menyesuaikan diri, 4)
isu tentang berbagai pekerjaan. 5) dampak dari kemajuan teknologi, 6) perubahan sosial, 7)
perkembangan teknologi, 8) sistem pendidikan nasional. Tampaknya pendidikan kejuruan berdasarkan
kompetensi masih belum di dukung oleh data empiris, belum di dukung oleh perangkat evaluasi yang
mapan, belum bertumpu kepada azas pengembangan sumber daya manusia, dan belum pada tahap
menguasai pengetahuan dasar akademik profesional pendekatan belajarnya, pada empat pilar
belajar, yaitu learning to know, learning to do, learning to live together, dan learning to be.
Kata kunci: Pendidikan Berkelanjutan, Vokasional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.