PRAKTEK KERJA INDUSTRI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PROFESI KEPENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN TEKNOLOGI (LPTK)
Abstract
Masalah pendidikan guru sebagai salah satu profesi kependidikan pada umumnya mencakupmasalah kuantitas dan kualitas pendidikan. Masalah kualitas menjadi sangat penting karena ini
berkaitan dengan mutu pendidikan yang dihasilkan. Penyebab timbulnya masalah kualitas pendidikan
guru antara lain disebabkan bahwa guru belum bekerja secara sungguh-sungguh atau karena
kemampuan profesional guru masih kurang. Makin meluasnya wawasan masyarakat (social domains)
dan komponen budaya masyarakat yang satu sama lain mempunyai keterkaitan fungsional dan
berorientasi kepada peningkatan mutu dan produktivitas lulusan, lembaga pendidikan teknologi dan
kejuruan (LPTK) harus mampu menyajikan keahlian profesional. Pendidikan kejuruan adalah suatu
bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan, dan kebiasaan-kebiasaan yang
mengarah pada dunia kerja yang dipandang sebagai latihan keterampilan, yang salah satunya melalui
magang atau praktek kerja industri. Dalam praktek kerja industri ini, peserta didik dihadapkan kepada
situasi kerja yang sebenarnya sehingga melalui pengalaman langsung dapat membekali peserta didik
agar menjadi pendidik yang professional yang dapat bersaing di lapangan kerja dalam tataran era
globalisasi. Pendidikan kejuruan mempunyai misi membentuk peserta didik dalam mengembangkan
sikap profesionalnya, sikap kompetitif dan mempersiapkan dirinya dalam bekerja dan berkarir di dunia
ketenagakerjaan.
Kata kunci : LPTK, Pengembangan, Pendidikan Profesi