STRATEGI DAN PERAN LPTK DALAM PENYIAPAN GURU VOCATIONAL DI SMK

Yani Achdiani

Abstract


Salah satu implikasi globalisasi dalam pendidikan yaitu persaingan antar lembaga pendidikan
akan semakin berat. Mengantisipasi perubahan-perubahan yang begitu cepat serta tantangan yang
semakin besar dan kompleks, tiada jalan lain bagi LPTK untuk mengupayakan cara-cara untuk
meningkatkan daya saing lulusan serta produk-produk akademik lainnya, dengan strategi dan
peningkatan mutu LPTK. Dalam menggerakkan segala kemampuan di dalam lembaga pendidikan
untuk mencapai mutu yang ditetapkan, haruslah dikembangkan adanya kerjasama antar unsur-unsur
pelaku proses mencapai mutu. Oleh karena itu, sebaiknya calon guru membekali diri dengan
pengalaman di luar disiplin ilmunya dan membuka diri untuk dunia usaha. LPTK diharapkan mampu
memperluas jaringan kerja sama tidak hanya dengan lembaga-lembaga kerja kependidikan, tetapi
juga nonkependidikan seperti perusahaan dan pemda (pemerintah daerah). Pendidikan vocational
diberikan untuk mempersiapkan tenaga kejuruan yang handal, trampil untuk menghadapi tantangan
masa depan. Oleh karena itu LPTK dapat memberikan sumbangsih sebesar-besarnya bagi
tercapainya kondisi tinggal landas bagi sekolah kejuruan melalui dikuasainya trilogi profesi oleh para
pendidik, serta dikemasnya pengelolaan satuan pendidikan melalui pengelolaan pendidikan berbasis
kinerja. Guru atau pendidik harus menguasai dan memenuhi ketiga komponen trilogi profesi (Prayitno,
2007), yaitu komponen dasar keilmuan, komponen substansi profesi dan komponen praktik profesi. Di
samping itu, pengelolaan pendidikan diharapkan mampu memberdayakan para pendidik yang
profesional itu, untuk menyelenggarakan tugas keprofesionalannya sesuai dengan trilogi profesi
masing-masing.
Kata Kunci : Strategi, LPTK, Penyiapan , Guru, Vocational.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.