KONSTRUKTIVISME DAN SEKOLAH KEJURUAN

ADIKAHRIANI -

Abstract


Peranan guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah menengah kejurusan tidak hanya dituntut
untuk dapat mengajar dan mengembangkan pembelajaran, melainkan harus memiliki kemampuan
keahlian yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru sebagai sumber daya manusia yang ada di
sekolah (SMK) mempunyai peranan yang sangat menentukan dan merupakan kunci keberhasilan dalam
mencapai tujuan pendidikan, karena guru adalah pengelola pelaksana pembelajaran bagi para sisawa.
Upaya pengembangan SMK hingga mencapai 70% dibandingkan dengan SMU, tentunya akan
membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya, sehingga pengelolaan SMK akan
mencapai efisien dan efektivitas yang tinggi. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan (SMK) untuk
mencapai tujuan yang diinginkan tidak hanya tergantung pada gedung yang megah, media pembelajaran
yang lengkap, peralatan praktik yang canggih, kurikulum yang baik, serta sarana pembelajaran lainya
yang dimiliki, melainkan juga tergantung pada sumber daya manusia yang mengelola lembaga
pendidikan tersebut. diantara sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan pada kegiatan
pembelajaran di SMK adalah Guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.