PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DAN IMPLIKASINYA PADA DUDI DI JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sulistia Wikarsih

Abstract


Kurikulum Berbasis Kompetensi merupakan salah satu jalan mengembangkan jiwa
wiraswasta di perguruan tinggi ,yang diperlukan untuk menghadapi tuntutan masa depan. Dimana
tatanan kehidupan dunia juga dipengaruhi oleh dampak Globalisasi pada perubahan tatanan ekonomi
dan kemajuan teknologi, Dampak ini juga membawa pengaruh pada dunia pendidikan , hal ini sangat
nyata dengan berbarengan dan menjamurnya pendidikan bertaraf internasional. Dengan munculnya
pendidikan SMK dan SMU bertaraf Internasional diharafkan para lulusannya dapat menyesuaikan
dengan dunia Usaha dan dunia Industri yang akan mereka hadapi setelah lulus nanti. Harapan para
lulusan juga tidak terlepas bagaimana mereka dipersiapkan oleh sekolahnya, dalam arti bagaimana
sekolah menyikapi proses belajar mengajar disekolah serta kurikulum mana yang dipakai/ diterapkan.
Sekaitan dengan hal tersebut LPTK juga sangat apresiatif terhadap tingkat kelulusan yang
akan dihasilkan nantinya, salah satunya adalah Fakultas teknik jurusan PKK untuk ketiga program
studi ( Prodi Tata Busana, Prodi Tata Boga dan Podi Tata Rias yang ada di Unimed. pengembangan
kurikulum berbasis kompetensi sangat mendukung siswa untuk menata masa depan setelah
kelulusannya dari perguruan tinggi nantinya, satu program unggulan yang nantinya sangat berguna
bagi lulusan. Di mana nantinya lulusan tidak lagi mencari kerja tetapi lulusan menciptakan lapangan
kerja melalui wirausaha, hal ini terjadi dikarenakan jiwa wiraswasta yang ada , Yang sejak dibangku
kuliah sudah ditanamkan sehingga lulusaan mempunyai satu keterampilan yang sangat kompeten
dan profesionalisme . Agar tidak menciptakan pengangguran tingkat tinggi tetapi menciptakan
lapangan kerja.
Kata Kunci : kompetensi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.