COMPETENCY BASED ASSESSMENT SEBAGAI MODEL PENGUJIAN KOMPETENSI DI SMK
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan di SMK perlu adanya kesepadanan atau kesesuaian dengandunia kerja (link and match), sehingga kompetensi peserta didik memenuhi tuntutan kompetensi di
lapangan kerja. Untuk mengetahuai kesesuain tersebut, maka perlu dilaksanakan penilaian hasil
belajar atau uji kompetensi terhadap capaian kompetensi peserta didik sesuai dengan tuntutan
kompetensi yang dibutuhkan lapangan kerja. Pengujian kompetensi di SMK pada dasarnya
merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, yang perlu diarahkan untuk menilai kinerja
peserta didik dengan memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil belajarnya secara
berkesinambungan. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan secara langsung pada saat peserta didik
melakukan aktivitas belajar, maupun secara tidak langsung melalui bukti hasil belajar sesuai dengan
kriteria kinerja atau performance criteria. Oleh karena itu sistem penilaian untuk kelompok mata
pelajaran produktif menitikberatkan pada penilaian hasil belajar berbasis kompetensi atau
Competency Based Assessment.
Kata Kunci : Penilaian, Kompetensi, Pengujian, SMK