PEMBELAJARAN TATA BUSANA BERBASIS KREATIVITAS DALAM MENUNJANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

Suciati -

Abstract


Kreativitas atau daya cipta sering disebut sebagai istilah untuk pengembangan potensi
pada peserta didik. Materi pembelajaran berbasis kreativitas diharapkan dapat membekali
peserta didik untuk dapat berfikir kreatif sebagai wujud pengembangan potensi dirinya dalam
bidang keahlian yang ditekuninya. Sebagai hasil pengembangan pembelajaran berbasis
kreativitas, peserta didik akan mampu mengembangkan penguasaan pengetahuan, konsep
dasar, proses pembuatan produk, dan memiliki apresiasi terhadap bidang yang digeluti dan
terhadap produk yang dibuat. Selain itu memiliki sikap kreatif dan sikap antusias, serta memiliki
kemampuan dalam memdesain produk. Pembelajaran tata busana yang berkaitan erat dengan
aspek kreatifitas di antaranya adalah materi pembelajaran tata busana (konsep dasar busana ,
desain busana , proses pembuatan busana, desain hiasan busana, proses pembuatan desain
hiasan busana), lenan atau elemen estetis interior, dan kriya tekstil (konsep dasar kriya tekstil, ,
desain kriya tekstil, proses pembuatan kriya tekstil, desain hiasan kriya tekstil, proses
pembuatan dan desain hiasan kriya tekstil). Pengembangan materi pembelajaran tata busana
berbasis kreativitas, selain dapat membekali peserta didik dalam mengembangkan potensi
dirinya sekaligus menunjang berkembangnya pendidikan teknologi dan kejuruan, otomatis akan
dapat menunjang berkembangnya industri kreatif yang kaya akan khasanah produk-produk
kreatif di Nusantara.
Kata kunci: pengembangan, pembelajatran tata busana, kreativitas, pendidikan teknologi dan
kejuruan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.