PERAN LPTK DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA

Authors

  • Budihardjo AH

Abstract

Mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas tinggi dan memiliki keunggulan,
merupakan modal menghadapi persaingan global. Hal ini merupakan tantangan dan lahan yang
sangat menguntungkan bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). LPTK dapat
memberikan sumbangsih sebesar-besarnya bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia
melalui pengelolaan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta tuntutan kebutuhan lapangan kerja.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu faktor yang harus diperhatikan yaitu kualitas tenaga
pendidik. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang merupakan lembaga penghasil
tenaga pendidik (guru) di Indonesia, sangat berperan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia
di Indonesia. LPTK mempunyai tanggung jawab menciptakan tenaga pendidik yang professional
untuk mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia. Pendidik harus menguasai dan memenuhi
ketiga komponen trilogi profesi, yaitu komponen dasar keilmuan, komponen substansi profesi dan
komponen praktik profesi.
Kata Kunci: Peran LPTK, Pendidikan, Vokasi.

Downloads

Published

2012-04-24

Issue

Section

Articles