PENGEMBANGAN PROGRAM PENYELENGGARAAN WORK-BASED LEARNING PADA PENDIDIKAN VOKASI DIPLOMA III OTOMOTIF
Abstract
Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang mempersiapkan lulusannya untuk bekerja. Kemitraanantara institusi pendidikan dengan dunia usaha/industri dalam pengelolaan pendidikan vokasi
merupakan keniscayaan. Konsep-konsep pembelajaran pendidikan vokasi dengan pendekatan
Experiential Learning (EL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan wacana dan
praksis yang harus terus dikembangkan. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran
dengan problem-based learning, cooperative learning, project-based learning, service learning,
dan work-based learning terus senantiasa harus dikembangkan.
Pengembangan pembelajaran dengan berbagai pendekatan diatas harus dilakukan oleh para
pengelola pendidikan vokasi dan industri agar kualitas lulusannya sesuai tuntutan pasar kerja.
Tantangan dunia kerja dengan kompetensi kerja yang makin tinggi seiring kemajuan teknologi dan
dinamika tempat kerja menuntut institusi pendidikan vokasi mampu mengantisipasi dan menghadapi
perubahan yang terjadi dengan memanfaatkan berbagai kapabilitas yang ada. Institusi pendidikan
vokasi sebagai penyiap dan penyedia calon tenaga kerja, harus dapat memanfaatkan sumberdaya
yang dimiliki dan jaringan sumber-sumber kemitraan dengan pihak luar secara efektif, untuk
akumulasi sumber daya penyelenggaraan.
Kemitraan dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi antara institusi pendidikan dan
industri/dunia kerja merupakan karakter utama pendidikan vokasi. Sinergi kerjasama antar fungsi dan
antar organisasi dapat melahirkan ide-ide baru dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi. Institusi
dengan budaya yang inovatif menjadi dukungan bagi tim manajemen pengelola dalam memanfaatkan
kapabilitas sumber daya internal dan eksternal untuk meningkatkan kualitas lulusan. Pengembangan
program work-based learning pada pendidikan diploma III Otomotif dengan berbagai penyedia
pelatihan di berbagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dapat dijadikan sebagai terobosan
dalam pendidikan vokasi.
Kata kunci: pengembangan program, work-based learning, pendidikan vokasi, praktik industri, WBL
Berasrama-Terpadu