PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL CALON GURU SMK SBI (SMK SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL) MELALUI KETERAMPILAN MERANCANG DAN MENGEMBANGKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF OFFLINE BILINGUAL TEKNOLOGI DASAR
Abstract
Penelitian tahap pertama ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif offline bilingualteknologi dasar dan model pembelajarannya. Model pembelajaran teknologi dasar berbantuan MMI
offline bilingual yang dirancang dan dikembangkan menitikberatkan tidak hanya pada upaya
pencapaian kompetensi profesional, tetapi juga dalam upaya peningkatan relevansi dengan tuntutan
dunia kerja bidang teknik yang bersifat lokal dan global, sehingga hasil pendidikan dapat
dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Model multimedia interaktif offline bilingual teknologi dasar
dirancang untuk mereduksi miskonsepsi pada pembelajaran teknologi dasar dan meningkatkan
kompetensi profesional calon guru teknik di SMK. Sampel penelitian adalah mahasiswa, dosen, guru
sekolah menengah kejuruan SBI, stake holder perusahaan dan bengkel teknik yang diambil secara sampel
bertujuan (purposive sampling). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian, meliputi:
wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi profesional
bidang teknologi dasar di perguruan tinggi kependidikan kurang relevan dengan tuntutan industri dan
sekolah menengah kejuruan tercermin dari struktur kurikulum dan kompetensinya; (2) topik bahan ajar
multimedia interaktif offline bilingual teknologi dasar yang terpilih sebagai sampel adalah sistem air
conditioning (AC), karena link sekolah menengah kejuruan, perguruan tinggi dan perusahaan/bengkel
teknik; (3) model pembelajaran teknologi berbantuan multimedia interaktif offline bilingual yang sesuai
untuk teknologi dasar adalah model drill dan simulasi. Implikasi penelitian adalah peningkatan
kompetensi profesional calon guru otomotif di SMK SBI dapat diupayakan melalui kemampuan guru
merancang dan mengembangkan multimedia interaktif bilingual dan pembelajarannya.
Kata-kata kunci : kemampuan profesional, multimedia interaktif offline bilingual