IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR IPA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN DASAR PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar IPAmahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian tindakan dengan subyek penelitian adalah mahasiswa S2 Pendidikan Dasar
IPA. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes minat dan tes
motivasi belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Microsoft Ecxel 2003.
Hasil analisis data adalah sebagai berikut. Pertama, tampak bahwa motivasi belajar
mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha berkategori Baik (77,38) dengan
SB (8.23). Sebaran motivasi belajar mahasiswa pada skala 5 adalah: nilai A 1 orang ( 9 %), nilai B
10 orang (82 %), nilai C 1 orang (9 %) dan tidak ada mahasiswa yang bernilai D dan E. Kedua,
tampak bahwa minat belajar mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
berkategori Baik (73,12) dengan SB (6.10). Sebaran minat belajar mahasiswa pada skala 5 adalah:
nilai A 1 orang ( 9 %), nilai B 6 orang (50 %), nilai C 5 orang (41 %) dan tidak ada mahasiswa yang
bernilai D dan E. Ketiga dari hasil kuisioner respon mahasisiwa terhadap media pembelajaran TIK
dengan jumlah responden sebanyak 12 orang, rata-rata memberikan respon yang sangat positif.
Hasil penelitian ini memberikan indikasi bahwa media pembelajaran berbasis TIK dapat
menyebabkan terjadinya perbedaan minat dan motivasi belajar IPA mahasiswa S2 Pendidikan Dasar
IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini dianjurkan pada para dosen IPA untuk menggunakan media
pembelajaran bebrbasis TIK pada materi-materi IPA yang sesuai.
Kata kunci: Media pembelajaran Berbasis Teknologi Infomasi dan Komunikasi, Minat Belajar,
Motivasi Belajar